Loading...

Video

Loading...
Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Recent Posts

Transformasi Objek pada CorelDraw


Pada bagian ini akan dibahas teknik – teknik melakukan transformasi yang mengacu pada ukuran sebenarnya , Teknik – teknik tranformasi yang akan dibahas yaitu :

A.   Transformasi Posisi

Digunakan untuk melakukan pemindahan objek dari satu posisi ke posisi lain mengunakan ukuran yang sesunguhnya, dalam satuan pengukuran yang telah ditentukan .
untuk melakukan transformasi posisi tersebut dapat melakukan langkah – langkah dalam latihan sebagai berikut:
1.     Buat sebuah object (rectangle ) kotak dengan ukuran bebas .
2.     Pilih menu Arrage > Transformasi> Position , selanjutnya akan muncul dialog box transformation


Dari dialox box diatas dapat dilihat pada kolom position digunakan untuk mengisi jarak perpindahan objek secara H (Horizontal ) dan V (vertical).
3.     Isi kolaom horizontal dan vertical sesuai ukuran yang dinginkan kemudian klik tombol Apply To duplicate untuk membuat duplicate dengan posisi yang ditentukan, tombol Apply untuk memindahkan objek

B.   Transformasi Rotasi

Transformasi rotasi digunakan untuk memutar objek dengan derajat perputaran yang diinginkan
untuk melakukan transformasi rotasi dapat melakukan langkah – langkah yang sama seperti melakukan transformasi posisi,hanya pilihan yang dilakukan adalah : Arrage > Transformasi> Rotate. Dialog box yang muncul dalah sebagai berikut :

Dalam dialog box diatas terdapat kolom Angle, kolom ini digunakan untuk memutar objek sesuai dengan derajat yang di inginkan.

C.   Transformasi Skala

Transformasi Skala digunakan untuk mengubah sekala atau ukuran objek gambar dan digunakan juga untuk pembuatan objek pencerminan (mirroring)
untuk melakukan transformasi skala dapat melakukan langkah – langkah yang sama seperti melakukan transformasi posisi dan transformasi rotasi, hanya pilihan yang dilakukan adalah : Arrage > Transformasi> Scale. Dialog box yang muncul dalah sebagai berikut :

Dalam dialog box diatas terdapat kolom Scale,H untuk horizontal dan V untuk vertical , kolom ini digunakan untuk merubah sekala objek sesuai dengan persentase  yang di inginkan.selanjutnya terdapat tombol mirror digunakan untuk mebuat hasil cerminan dari objek gambar.


D.   Transformasi Ukuran

Transformasi ukuran (size) digunakan untuk memperbesar atau memperkecil ukuran objek gambar, tetapi mengunakan satuan pengukuran yang sebenarnya.
untuk melakukan transformasi ukuran dapat melakukan langkah – langkah yang sama seperti melakukan transformasi posisi dan transformasi rotasi , hanya pilihan yang dilakukan adalah : Arrage > Transformasi> Size. Dialog box yang muncul dalah sebagai berikut :

Dalam dialog box diatas terdapat kolom Size,H untuk horizontal dan V untuk vertical , kolom ini digunakan untuk merubah ukuran objek sesuai dengan satuan pengukuran yang di inginkan..

E.   Transformasi Skewing

Transformasi Skewing digunakan untuk memiringkan objek menggunakan drajat kemiringan yang sesuai dan merujuk pada ukuran yang sebenarnya.
untuk melakukan transformasi skewing tersebut dapat melakukan langkah – langkah dalam latihan sebagai berikut :
1.     Buat sebuah object (rectangle ) kotak dengan ukuran bebas
2.     Pilih menu Arrage > Transformasi> Skew , selanjutnya akan muncul dialog box transformation

3.     Atur kemiringan sesuai keinginan pada kolom skew
4.     Sebagai contoh isi kemiringan secara H (horizontal) sebesar 45 derajat, tekan Apply untuk membuat trasformasi sesuai pengaturan yang telah dilakukan

Tattoo Images Car Photos Gadget Photos Vacation Photos Fashion Photos